Relasi dalam ERD

Dzaky Jaisy
0



     Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya yang membahas tentang ERD (Entity Relationship Diagram) terdapat salah satu komponen yaitu Relasi. Pada Artikel kali ini kita akan membahas lebih luas tentang apa itu Relasi dalam ERD.

Pengertian Relasi

    Relasi dalam ERD ini menggambarkan hubungan antara dua entitas atau lebih. Relasi ini menunjukkan bagaimana suatu entitas saling terhubung dan beriteraksi satu sama lain dalam suatu sitem.
    Relasi juga biasanya diwakili oleh garis yang menghubungkan antar entitas. Tanda panah atau penanda lain sering kali muncul di akhir atau awal garis untuk menunjukkan arah hubungan.

Jenis-Jenis Relasi

    Relasi sendiri terdapat beberapa jenis yang menggambarkan cara entitas itu saling berinteraksi berikut adalah beberapa jenis relasi dalam ERD. 

1. One-to-One (1:1)

    Setiap entitas di satu sisi relasi hanya terhubung ke satu entitas di sisi lain, dan begitu pun sebaiknya. Contohnya seperti Mahasiswa  dengan NIM (Nomor induk Mahasiswa)

2. One-to-Many(1:N)

    Setiap entitas di satu sisi relasi hanya terhubung ke banyak entitas di sisi lain, namun setiap entitas di sisi lain hanya dapat terhubung ke satu entitas di sisi pertama. Contohnya seperti Program Studi dengan Mahasiswa.

3. Many-to-One(N:1)

    Kebalikan dari One-to-Many, banyaknya entitas di satu sisi relasi hanya terhubung ke satu entitas dikedua. Contohnya seperti Mahasiswa dengan Program Studi.

4. Many-to-Many(N:N)

    Banyak entitas di sisi perta dapat terhubung dengan banyak entitas di sisi lain, dan sebaliknya. Contohnya seperti Siswa dengan Ekstrakurikuler.

5. Self-Referencing

    Entitas ini memiliki hubungan dengan dirinya sendiri. Contohnya Karyawan memiliki relasi antara Supervisor dan Manager.

Mengapa Many-to-Many Tidak baik digunakan dalam ERD

    Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan Many-to-Many ini tidak baik digunakan dalam ERD, seperti abiguitas dalam data, kompleksitas desain, kesulitan query, dan ketidak konsistenan dalam sebuah data.

Kesimpulan

    Demikian penjelasan tentang Relasi dalam ERD . Setelah membaca artikel ini, saya harap kamu dapat memahami apa itu Relasi dan jenis- jenis relasi itu sendiri.


Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)