Denormalisasi dalam ERD

Dzaky Jaisy
0



     Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang Normalisasi dalam ERD. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang apa itu Denormalisasi dalam ERD? kapan saja Denormalisasi ini digunakan?


Denormalisasi

    Denormaliasi adalah suatu proses database yang sebelumnya sudah di-normalisasikan untuk meningkatkan efisien, dan diubah ke dalam bentuk yang tidak normal atau lebih mendekati struktur asalnya. Denormalisasi ini kebalikan dari normalisasi yaitu melibatkan dan menggabungkan tabel atau  meng-integrasikan kembali atribut dan relasi yang sebelumnya telah dibagi selama normalisasi.  Jadi kapan saja denormalisasi ini digunakan?

  1. Kinerja :  terkadang denormaliasasi dapat meningkatkan kinerja karena mengurangi jumlahnya JOIN yang diperlukan untuk mengambil data dari database. karena denormalisasi ini sangat berguna untuk mengoptimalkan kinerja sistem.
  2. Kesederhanaan: database yang sederhana bisa lebih mudah dipahami dan dikelola. Jika kebutuhan database ini lebih meruncing ke pemahaman yang cepat dan lebih mudah di mengerti, denormalisasi ini bisa digunakan.
  3. Akses Data: Denormalisasi dapat meningkatkan kecepatan kecepatan akses ke data karena data yang diperlukan dapat ditemukan dalam satu tabel, untuk menghindari join yang akan memakan waktu lebih lama. 
    Sebagai catatan bahwa tahapan denormalisasi menyebabkan duplikasi data, yang dapat bermasalah terhadap integritas jika dikelola dengan baik. Oleh karena itu , Keputusan Denormalisasi harus dipertimbangkan dengan kebutuhan dari aplikasi atau pun sistem yang sedang dibangun dan kemungkinan adanya dampak terhadap integritas data.

Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)