Normaliasasi dalam ERD

Dzaky Jaisy
0




     Dalam ERD terdapat Normalisasi, apa sih itu nomalisasi itu sendiri? dan apa berapa tahapan normalisasi itu sendiri? dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang Normalisasi dalam ERD.

Normalisasi

    Normaliasi adalah proses desain database yang bertujuan untuk mengurangi redudansi data dan meningkatkan integritas data. Normaliasi ini bertujuan untuk menciptakan skema database yang efisien, konsisten dan meminimalkan ancaman terhadap integritas pada suatu data. Normalisasi ini mengatur data ke dalam tabel, yang menyimpan suatu informasi secara efisien dan menghindari masalah seperti anomali update (memperbarui), delete (menghapus), dan insert (menyisipkan).

    Pada Normalisasi juga terdapat beberapa tahapan dianta lain yaitu:

  1. Frist Normal Form (1NF) : setiap kolom di dalam tabel harus memiliki nilai atomik yang tidak bisa dibagi kembali. setiap baris dalam tabel harus memiliki karakteristik unik dan dapat diidentifikasi oleh Primary Key. dan 1NF juga tidak boleh ada pengulangan data.
  2. Second Normal Form (2NF) : Tabel harus berada dalam 1NF, dan setiap kolom yang bukan Key harus bergantung pada Primary Key.
  3. Third Normal Form (3NF) : Tabel harus berada dalam 2NF, dan setiap kolom yang bukan Key tidak boleh ada ketergantungan dalam Primary Key secara langsung.
  4. Boyce-Codd Normal Form (BCNF) : Tabel ini lebih kuat dibandingkan dengan 3NF, dan setiap atribut yang bukan kunci harus bergantung sepenuhnya pada Primary Key.
  5. Fourth Normal Form (4NF) : ini melibatkan multivalue(multinilai) dan depencies, join depedenscies dan ketergantungan fungsional yang lebih kompleks
  6. Fifth Normal Form (5NF) : ini membahas masalah ketergantungan JOIN (Join Dependency) dan penanganan relasi yang lebih kompleks dibanding 4NF.
  7. Domain-Key Normal Form (DKNF) : bentuk dari normalisasi yang lebih lanjut untuk memastikan semua constraint integritas referensial dan constraint lainnya di terapkan dapa setiap domain dan seitiap key.
  8. Sixth Normal Form (6NF): ini melibatkan konsep yang lebih kompleks seperti nested dependencies dan ketergantungan yang sangat spesifik, tapi 6NF ini jarang digunakan dalam praktiknya dan tergantung kebutuhan pengguna itu sendiri.
    Sebagai catatan bahwa tahapan normalisasi yang lebih tinggi dapat menambah kompleksitas dan overhead tambahan pada operasi. oleh karena itu normalisasi harus disesuaikan dengan kebutuhan yang spesifik dan aspek kinerja aplikasi kamu.

Kesimpulan

    Demikian penjelasan tentang Normalisasi dalam Entity Relationship Diagram. Jadi Normaliasai merupakan suatu teknik dan desain database yang melibatkan pengambilan keputusan dan pertimbangan yang matang. Setelah membaca artikel ini, saya harap kamu dapat memahami apa itu Normalisasi dalam ERD.

Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)