Perbedaan Primary Key, Foreign Key Dan Candidate Key dalam ERD

Dzaky Jaisy
0


    Key dalam ERD sangat berperan penting. Jenis key dalam suatu ERD juga berperan penting sekali sebagai penghubung antara suatu tabel dengan tabel lainnya. 

Key dalam ERD 

   Key dapat dipahami sebagai "tanda pengenal". untuk mengidentifikasi baris dalam tabel. Artinya, setiap baris data harus memiliki "tanda pengenal" yang unik. Terdapat beberapa Key dalam ERD, seperti Primary Key, Foreign Key, dan Candidate Key. Berikut ini adalah penjelasan singkat dari setiap key.

Primary Key

   Primary Key adalah Konsep penting dalam ERD. Ini adalah kolom atau kumpulan kolom yang digunakan untuk mengidentifikasi secara unik setiap baris (catatan) dalam tabel ERD. Kunci utama digunakan untuk memastikan bahwa setiap barus dalam tabel memiliki identitas unik.

    Primary Key memiliki karakteristik Unik (tidak ada nilai yang sama), Tidak boleh Kosong, Bisa Dijadikan Referensi (Foreign Key), dan biasanya Dibuat dengan Tipe Data yang Efisien. Berikut adalah contoh dari Primary Key:

Foreign Key

   Berdasarkan namanya, Kamu dapat menyimpulkan bahwa foreign key adalah atribut yang melengkapi hubungan yang menunjuk ke induknya. Artinya, field pada tabel adalah foreign key (kunci tamu) di tabel lain. Selain itu, ketika kamu menemukan banyak tabel dan menggabungkan satu tabel ke tabel lainnya, biasanya Kamu sangat perlu menggunakan foreign key. 

    Foreign Key memiliki karakteristik Mengacu pada Primary Key, Memastikan Integritas Referensial (data tidak ada di tabel anak), Menghubungkan antar Tabel, Dapat digunakan menjalankan Operasi JOIN(menggabungkan data). Berikut adalah contoh dari foreign key:

Candidate Key

   Candidate Key berperan untuk mengidentifikasi peristiwa khusus dalam tabel. Candidate Key juga memiliki syarat bahwa key yang disebut unik identifer dan tidak dapat di duplikasi. Artinya tidak ada kunci yang memiliki cirikahas seperti candidate key. Berikut contoh dari candidate key

Kesimpulan

    Demikian penjelasan tentang Key dalam ERD. Setelah membaca artikel ini, saya harap kamu dapat memahami perbedaan dari Primary Key, Foreign Key dan Candidate Key.


Posting Komentar

0 Komentar
Posting Komentar (0)